Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Niche Blog Bagi Pemula

Cara Memilih Niche Blog Bagi Pemula

Sebagian dari kamu mungkin sudah tau apa itu yang dimaksud dengan niche blog, dan seberapa penting memilih niche blog untuk perkembangan sebuah blog yang kamu buat.

Nah, pada artikel pertama kali ini saya mau berbagi sedikit tips untuk kalian semua tentang bagaimana cara memilih niche blog yang tepat.

Baiklah sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita mengerti dulu apa sebenarnya niche blog ini dan apa pentingnya bagi sebuah blog serta bagaimana cara menentukannya agar blog yang kita buat nantinya bisa menjadi lahan untuk kita menghasilkan uang melalui internet.

Apa itu Niche Blog?

Niche blog adalah tema atau topik khusus yang dibahas disebuah blog, yang mana topik tersebutlah yang menjadi dasar atau acuan ketika kita ingin membuat artikel nantinya.

Lantas apa untungnya ketika ketika memilih menulis satu niche pada blog? Memang pada dasarnya tidak ada aturan yang mengharuskan kita untuk membahas topik tertentu secara khusus diblog yang kita buat.

Akan tetapi dengan hanya memilih satu topik pembahasan kita akan lebih fokus nantinya ketika kita membuat artikel, selain itu blog kita juga akan terlihat rapi dan menjadi acuan ketika blog kita membahas satu topik secara keseluruhan dan mendalam.

Keuntungan Menerapkan Niche Blog

Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu pertimbangkan ketika kamu menerapkan satu niche saja untuk blog yang kamu kelola.

  1. Membuat Lebih Fokus - dengan menentukan niche blog bisa membuat kita lebih fokus pada topik tertentu, sehinga apa yang kita tulis nantinya tidak meluas keberbagai topik. Hal ini bisa membuat kita lebih konsisten ketika kita menulis artikel.

  2. Bisa dikenal Sebagai Ahli - dengan membahas satu niche blog, kita bisa dikenal sebagai ahli pada topik tertentu yang kita buat dan bisa dijadikan referensi oleh banyak orang. Hal ini yang penting bagi kita yang baru memulai merintis blog, yaitu membangun kepercayaan pembaca akan artikel yang kita buat.

  3. Lebih Muda diMonetisasi - Nah ini keuntungan ketiga, ketika kita memiliki sebuah blog yang sudah memiliki otoritas baik dimata pembaca, kita akan lebih mudah me-monetisasi blog yang kita punya. Apalagi jika kita menerapkan niche blog, bukan tidak mungkin para peng-iklanlah yang akan menawarkan kerja sama dengan blog kita yang memiliki kaitan dengan niche yang kita tulis.

Cara Memilih Niche Blog Yang Tepat

Nah setelah kamu mengerti apa itu niche blog dan apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu menerapkan niche pada blog.

Berikut beberapa langkah atau cara yang bisa kamu coba dalam menentukan niche apa yang tepat bagi kamu, agar blog yang baru kamu buat bisa ramai pengunjung dan kegiatan ngeblog tidak berakhir ditengah jalan.

1. Pilih Topik Yang Disukai dan Kuasai

Hal pertama yang harus kamu tentukan ketika ingin memilih niche blog adalah dengan memilih topik yang kamu sukai dan yang kamu kuasai. Hal ini akan memudahkan kamu ketika nanti ingin menulis artikel diblog kamu.

Selain itu, dengan memilih niche blog yang kamu sukai,  kamu tidak akan mudah merasa bosan dan jenuh ketika menulis artikel dan mencari ide-ide baru untuk dijadikan konten nantinya.

Apalagi jika kita termasuk orang baru didunia blogging ini, memilih niche yang tepat adalah hal yang sangat penting agar kita tidak mudah merasa bosan.

Tapi satu hal yang harus diingat, ketika kita memilih niche blog selain pada hal yang kita sukai terlebih dahulu ada hal lain juga yang harus jadi pertimbangan yaitu kita juga harus menguasai akan topik tersebut.

2. Pilih Topik Yang Populer

Selain memilih topik yang kamu sukai, kamu juga harus tau topik-topik yang sedang populer, yang bisa mendatangkan banyak pengunjung untuk blog kamu. Kamu juga harus ingat, tujuan kita membuat blog adalah untuk berbagi dengan orang lain, oleh karena itu pilih juga topik yang sedang populer.

Untuk mencari referensi topik apa saja yang sedang populer, kamu bisa memanfaatkan Google Trends sebagai alat perbandingan. Ingat pilihlah topik-topik yang bersifat abadi, atau topik yang selalu dibutuhkan setiap orang dan tidak akan pernah basi.

3. Lihat Peluang Keuntungan

Nah langkah terakhir yang juga penting untuk kamu pertimbangkan dalam memilih niche blog yaitu ada tidaknya peluang yang menguntungkan untuk kita jika kita membahas topik tersebut. Selain untuk berbagi informasi, kita juga tau dari blog kita juga bisa menghasilkan banyak uang.

Dengan memilih niche yang tepat, kita bisa mengambil banyak keuntungan dari blog yang kita kelola nantinya. Oleh karena itu, pilihlah topik yang memiliki tingkat peluang keuntungan yang besar.

Meski terlalu dini jika bicara tentang keuntungan, tapi hal ini sangat penting. Karena dari sinilah sumber pemasukan kita nantinya, dengan catatan jika kita konsisten dalam ngeblog.

Tentukan Niche Blog-mu Sekarang!

Nah itulah sedikit cara yang bisa kamu coba dalam memilih niche blog kamu, hal yang harus kamu ingat adalah pilih topik yang kamu sukai dan kuasai saja, lalu pilih juga topik yang populer, kemudian lihat peluang menguntungkan dari niche blog tersebut.

Saya rasa tiga poin itu saja sudah cukup untuk membuat blog kamu menjadi blog yang besar nentinya, dengan catatan jika kamu konsisten dalam menjalaninya.

Karena ada banyak sekali jenis niche yang sangat populer yang bisa kamu coba, seperti kesehatan, bisnis online, bahkan niche games.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Niche Blog Bagi Pemula"

Berlangganan via Email