Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Subdomain dari Custom Domain Blogger

Cara Membuat Subdomain dari Custom Domain Blogger

Cara Membuat Subdomain di Blogger - Jika kamu sudah memiliki sebuah blog dengan custom domain atau biasa juga disebut TLD (Top Level Domain), pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah kabar baik untuk kalian semua. Kabar apa itu? Pada tutorial kali ini saya akan berbagi tips tentang Cara Membuat Subdomain dari Custom Domain Blogger.

Apa sih subdomain?

Subdomain adalah bagian atau turunan dari domain utama. Misalnya, domain utama kamu adalah www.beesinu.web.id dan kamu bisa membuat subdomainnya menjadi berita.beesinu.web.id atau tips.beesinu.web.id dan lain sebagainya.

Tentu hal ini sangat berguna, jika kamu memiliki blog lain yang ingin ditautkan ke custom domain sehingga kamu tidak perlu membeli custom domain baru lagi dan tentu ini sangat bermanfaat untuk menghemat pengeluaran ngeblog kamu.

Bagi kamu yang penasaran, bisa mengunjungi sub domain saya disini.

Bagaimana, kamu tertarik? Yuk ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Membuat Subdomain Blogger

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke halaman member atau client area domain kamu. Disini saya menggunakan layanan dari idwebhost.com, jika kamu menggunakan jasa lain kamu bisa sesuaikan dengan client area yang kamu gunakan.

Cara Membuat Subdomain dari Custom Domain Blogger

Kemudian klik menu Domain dan pilih domain yang ingin kamu tambahkan sub domainnya. Sebagai contoh, disini saya akan menambahkan sub domain dari domain beesinu.web.id.

Cara Membuat Subdomain dari Custom Domain Blogger

Setelah dipilih, maka akan muncul halaman pengelolaan domain. Pilih menu Kelola DNS atau Manage DNS.

Cara Membuat Subdomain dari Custom Domain Blogger

Kemudian tambahkan record baru di kolom kelola DNS. Misalnya disini saya akan menambahkan record baru tips dan tambahkan ghs.google.com pada kolom CNAME.

Cara Membuat Subdomain dari Custom Domain Blogger

Simpan perubahan tadi.

Nah, sekarang kamu hanya perlu menunggu waktu propagasi yang dibutuhkan sekitar 1-3 jam atau biasanya lebih cepat dari sub domain baru yang kamu buat.

Selanjutnya masuk ke dasbor Blogger, kemudian pilih blog yang ingin kamu tambahkan dengan sub domain tadi yang sudah dibuat. Kemudian pilih menu Setelan > Dasar > Alamat Blog dan pada bagian Domain Custom tambahkan nama sub domain yang sudah kita buat tadi di kolom yang sudah disediakan.

Cara Membuat Subdomain dari Custom Domain Blogger

Selesai, jangan lupa untuk mengaktifkan setelan HTTPS dimenu yang yang sama. Untuk tipsnya lengkapnya, kamu bisa membaca disini Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog Dengan Custom Domain.


Tambahan: Jika kamu menemui masalah, tidak bisa menyimpan sub domain. Mungkin Nameserver pada blog tersebut berbeda dengan Nameserver pada blog utama. Untuk itu kamu hanya perlu menambahkan Nameserver yang sudah disediakan oleh blogger ke halaman Kelola DNS tadi. Sama seperti, ketika menambahkan domain baru.

Baiklah, saya rasa itu saja yang bisa saya bagikan untuk tips kali ini. Semoga artikel tentang Cara Membuat Subdomain dari Custom Domain Blogger ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Jika kamu masih bingung, atau memiliki pertanyaan seputar artikel diatas jangan sungkan untuk bertanya dikolom komentar dibawah ini. Sampai jumpa!

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Subdomain dari Custom Domain Blogger"

Berlangganan via Email